Senin, 21 Desember 2015

Menyusuri Hutan Gambir Menuju Air Terjun Siguntur Tuo


Menginjakkan kaki di sumatera barat memang penuh dengan hasrat untuk menjelajahi sisi tersembunyinya. Kontur tanah tidak rata, yang membentuk lembah, bukit, gunung, dataran, tebing, justru menjadi tempat tersendiri untuk kita menjelajahi surga surga tersembunyi

Cukup untuk muqadimah yang amat teramat sangat panjang tadi,  :P kali ini kita akan menjelajah ke nagari siguntur, kabupaten pesisir selatan. Kawasan siguntur yang terkenal akan produksi gambirnya ini dapat ditempuh lebih kurang 1 jam dari pusat kota padang. Nagari di atas sebuah perbukitan, rata rata mata pencaharian penduduk disini adalah bertani & berkebun. Mungkin sebagian mencari batu akik, penadah batu akik, tukang asah batu akik, & kolektor batu akik :P .

Oke, cukup untuk muqadimah keduanya :P tujuan kita kali ini adalah air terjun siguntur tuo, seperti namanya, ia berada di nagari siguntur. Trek motor cukup mulus, sampai pada pemberhentian terakhir a.k.a tempat parkir, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit melintasi semak, menyeberang sungai, meniti pematang sawah, menyeberangi sungai lagi, menjajaki kebun kebun gambir, lalu kita akan disambut oleh gemuruh air yang menyejukkan.



Selfie dulu biar kekinian :P



Warga nagari siguntur sangat ramah dan terbuka pada pendatang. Silahkan bertanya dan tidak sulit untuk mendapatkan jawabannya.

2 komentar: